Friday, January 10, 2014




Assigment KKPI
  


1.    Apa yang di maksud dengan URL ?

URL adalah singkatan dari Uniform Resource Locator,Uniform Resource Locator(diterjemahkan bebas: Pelokasi Sumber Daya Seragam), adalah rangkaian karakter menurut suatu format standar tertentu, yang digunakan untuk menunjukkan alamat suatu sumber - seperti dokumen dan gambar - diInternet.URL merupakan suatu inovasi dasar bagi perkembangan sejarah Internet. URL pertama kali diciptakan oleh Tim Berners-Lee pada tahun1991 agar penulis-penulis dokumen dokumen dapat merujuk pranala ke Jejaring Jagat Jembar atau World Wide Web (WWW).

2.    Apa yang di maksud dengan Domain ?

Domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Fungsi Domain adalah untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai IP address. Nama domain ini juga dikenal sebagai sebuah kesatuan dari sebuah situs web seperti contohnya "wikipedia.org". Nama domain kadang-kadang disebut pula dengan istilah URL, atau alamat website.

3.   Apa yang di maksud dengan Hostname ?

Nama host atau Hostname adalah nama komputer. Pemberian nama ini spesifik, untuk satu komputer tertentu saja dalam suatu jaringan. Karena sifatnya yang unik, maka dalam satu jaringan tidak boleh ada 2 atau lebih hostname yang sama. Jika terjadi penamaan yang sama, maka sistem akan memberitahukan bahwa telah terjadi duplikasi nama. Tapi jika komputer tidak saling terkoneksi ke jaringan memberikan nama komputer yang sama tidak masalah. Untuk mengecek hostname di Windows XP bisa menekan tombol "LogoWindows+PauseBreak", kemudian klik tab Computer Name.


4.    Jelaskan nama domain berikut :

Ø  .com
.com – Digunakan Untuk Organisasi Profit / Komersial
.com (commercial) adalah ranah internet tingkat teratas (TLD) yang dipakai sebagai nama domain internet.com adalah salah satu dari TLD pertama yang ada di dunia. .com diresmikan tahun 1986 dan menjadi domain terbesar dan domain yang sering dipakai di seantero dunia. Pertama kali diadministrasi oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat sebelum pada tahun 1993 dialihkan kepada NSF. Pada tahun 1995, NSF dan Network Solution meresmikan tarif untuk domain .com yaitu sebesar 50 dolar per tahun, 35 dolar untuk NSI dan 15 dolar untuk pemerintah. Sekarang domain .com dikelola oleh VeriSign.
Ø  .edu
edu – Digunakan Untuk Institusi pendidikan
Ø  .org
.org – Digunakan Untuk Organisasi / Kegiatan Nonprofit
.org adalah ranah internet tingkat teratas (TLD) yang digunakan dalam Sistem Penamaan Domain Internet. Nama .org merupakan kependekan dari organisasi. Domain ini di buka pada tahun 1985. Pada awalnya domain ini ditujukan untuk organisasi non profit, namun belakangan ini banyak juga digunakan oleh sekolah, situs personal; projek open-source; kadang untuk perusahaan komersial. Penggunaan domain .org meningkat tajam, pada tahun 1990-an kurang dari satu juta pengguna, sampai bulan Juni 2012 sudah lebih dar sepuluh juta pengguna.
Ø  .gov
gov – Digunakan Untuk Untuk Pemerintahan
Ø  .mil
mil – Digunakan Untuk Militer
Ø  .net
net – Digunakan Untuk Organisasi Network

5.    Jelaskan makna URL berikut 

http://www.smkpgriwlingi.sch.id/ar/index.php

ü  http://
HTTP Singkatan dari Hypertext Transfer Protocol, yang mana adalah suatu protokol yang digunakan oleh World Wide Web. HTTP mendefinisikan bagaimana suatu pesan bisa diformat dan dikirimkan dari server ke client.
ü  www.
Www atau World Wide Web maupun Web saja adalah sebuah sistem yang saling terkait dalam sebuah dokumen berformat hypertext yang berisi beragam informasi, baik tulisan, gambar, suara, video, dan informasi multimedia lainnya dan dapat diakses melalui sebuah perangkat yang disebut web browser.
ü  Smkpgriwlingi
 alamat yang akan di tuju
ü  .sch.id
Domain .sch.id digunakan untuk sekolah dengan ketentuan dan kebijakan terlampir pada halaman berikutnya. DT2-sch.id khusus untuk Lembaga Pendidikan yang menyelenggarakan pendidikan seperti SD, SMP dan atau SMU, serta beroperasi sesuai dengan perundangan yang berlaku, termasuk didalamnya Lembaga Pendidikan yang bukan di bawah naungan Ditjen DikDasmen Depdikbud, seperti Madrasah Ibtidaiyah, Tsanawiyah, Aliyah, dan lain-lain.
ü  Index php
Index.PHP adalah sebuah bahasa pemograman yang berjalan dalam sebuah web-server (server side). PHP diciptakan oleh programmer unix dan Perl yang bernama Rasmus Lerdoft pada bulan Agustus-September 1994. Pada awalnya, Rasmus mencoba menciptakan sebuah script dalam wesite pribadinya dengan tujuan untuk memonitor siapa saja yang pernah mengunjungi website-nya.

6.    Apa yang di maksud dengan ISP ?

ISP (Internet Service Provider) adalah perusahaan atau badan usaha yang menjual koneksi internet atau sejenisnya kepada pelanggan. ISP awalnya sangat identik dengan jaringan telepon, karena dulu ISP menjual koneksi atau access internet melalui jaringan telepon.
Daftar ISP di Indonesia (Internet Service Provider)
Berikut di bawah adalah daftar ISP Se Indonesia

1.Telkomspeedy www.telkomspeedy.net
Penyedia Layanan oleh PT.Telekomunikasi Indonesia

2.biznet www.biznetnetworks.com
Penyedia Layanan oleh PT. Bitnet Komunikasindo

3.CBN`www.cbn.net.id
Penyedia Layanan oleh PT. Cyberindo Aditama

4.Uninet www.uninet.net.id
Penyedia Layanan oleh PT. Uninet Media Sakti

5.Fastnet www.firstmedia.com
Penyedia Layanan oleh PT. First Media Tbk.

6.Indosat www.indosat.com
Penyedia Layanan oleh PT Indosat tbk

7.XL www.xl.co.id
Penyedia Layanan oleh PT Excelcomindo Pratama Tbk

8.Three www.three.co.id
Penyedia Layanan oleh PT Hutchison CP Telecommunications

9.Axis www.axisworld.co.id
Penyedia Layanan oleh PT. Axis Media

10.Smart www.smart-telecom.co.id
Penyedia Layanan olehPT SMART Tbk

11.esia www.esia.co.id
Penyedia Layanan oleh PT Bakrie Telecom tbk

12.Fren www.mobile-8.com
Penyedia Layanan Internet Oleh PT Global Mediacom Tbk

XII TITL ~ KKPI

Anggota Kelompok :

 Susilo Guswantoro

   Endi Endra Wahyudi

 Stefan Hardianata

No comments:

Post a Comment